Wajit Cililin Yang Manis

|


Bandung, sebagai Ibu Kota propinsi Jawa Barat terkenal dengan wisata kulinernya. Aneka ragam makanan mulai dari makanan ringan hingga makana berat, makanan basah hingga makanan kering, banyak terdapat di Bandung. Di Bandung banyak terdapat makanan yang berasal dari daerah yang ada di Jawa Barat, terutama makanan tradisional setempat. Misalnya saja cililin yang memiliki makanan khas yang berwarnanya kecoklatan yang melambangkan bahwa rasanya pasti manis, dengan dibalut oleh daun jagung yang telah dikeringkan terlebih dahulu, menjadikan makanan ini menjadi khas dan mudah untuk dikenali.
Wajit dibuat dari campuran bahan-bahan yang sangat mudah dicari dipasar tradisional maupun supermarket, yakni dari beras ketan, gula putih, gula merah, dan kelapa. Bahan-bahan tersebut dimasukan ke wajan (katel gede) yang telah diberi air dan dipanaskan, lalu di uleg sampai rata. Yang dimana ketika semua bahan tersebut telah menjadi sebuah adonan maka akan dibungkus oleh daun jagung yang sudah kering. setelah wajit terbungkus dengan rapih maka wajitpun dijemur di atas terik panasnya matahari, dengan menggunakan tampan(nyiru) terbuat dari anyaman bambu. Setelah wajit dijemur dan nampak kering, wajit siap dihidangkan dan dinikmati.
Apabila kita berjalan-jalan di daerah ini menikmati pemandangan gunung asri yang hijau, maka tak lengkap rasanya kalau tidak membawa makanan oleh-oleh khas dari Cililin ini. Wajit cililin ini sudah terkenal diberbagai tempat sehingga dapat dengan mudah kita jumpai di luar Cililin, seperti di perempatan jalan, stasiun pengisian bahan bakar minyak (SPBU) serta terminal bus di Cikampek dan Purwakarta, ataupun di counter-counter manisan di kota-kota kecil Jawa Barat dan DKI Jakarta.




1 komentar:

AsepDyze mengatakan...

wahh kyknya enak tuhh...tp manis2 gt yaa...
ikut eksis link web ku ahh :D www.azepdyze.web.id
dengan indahnya berbagi untuk kita semua..webnya bgs mas :D

Posting Komentar